Prosesi ALD Prodi DIII Gizi Poltekkes Aceh Berakhir

Mutu

Program Studi Diploma III Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Aceh telah selesai menjalani proses Asesmen Lapangan Daring (ALD) dengan Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) untuk penilaian akreditasi pada Selasa– Kamis (24–26/11/2020) digedung Lantai II Jurusan Gizi Kampus Setempat.

Asesor LAM-PTKes yang bertugas pada ALD tersebut adalah ibu Dr. Moesijanti Yudiarti Endang Soekatri, MCN (Poltekkes Kemenkes RI Jakarta II) dan Bapak Prof. Dr. Nurdin Rahman, M.Si, M.Kes. (FKM Universitas Universitas Tadulako Palu).

Pada hari pertama ALD diawali dengan acara pembukaan. Pada kesempatan tersebut Direktur Poltekkes Kemenkes Aceh, Bapak T. Iskandar Fasisal, S.Kp, M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan usaha keras dan budaya akademik DIII gizi yang sudah lama dilakukan akan diverifikasi selama 3 hari kedapan, dan diharapkan dapat memperoleh nilai A, sebagai Tanggung Jawab dalam mendidik dalam melahirkan lulusan yang handal dan berdaya serap tinggi setelah perkuliahan. Serta mengucapkan terima kasih atas kerjasama dalam pengembangan pendidikan persiapan akreditasi yang telah di lakukan jauh-jauh hari, “tidak ada data yang kami buat-buat, karena ini bentuk kewajiban kami. Kami tidak mau menciderai kepercayaan para stakeholder ucap beliau sebelum membuka acara kegiatan ALD Secara resmi, yang mana sesi pembukaan tersebut di hadir oleh Direktur sebelumnya Bapak Ampera Miko DNC. Com,. MM., para wakil direktur, ketua jurusan, dan prodi dilingku kampus terpadu dengan memenuhi standar kesehatan covid 19. Proses ALD tersebut berlangsung selama tiga hari berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti.

Sementara itu Ibu Dr. Moesijanti menyampaikan bahwa dirinya dan Bapak Prof. Nurdin pada dasarnya hanya bertugas untuk melakukan verifikasi atas borang yang sudah dikirim Prodi DIII Jurusan Gizi ke LAM –PTKes. “Ini adalah proses sharing, Saya harap akan ada good practice dari Prodi DIII Jurusan Gizi yang bisa kita tiru atau sebaliknya. Kita ingin semua itu ujung-ujungnya adalah untuk meningkatkan kualitas pendidikan di negara ini,” ungkap asesor pada sambutan dan pembacaan tata tertib acara.

Usai pembukaan acara kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi Borang dengan Sembilan standard yang merupakan perdana di poltekkes aceh dalam pelaksanaannya. Peresntasi instrument UPPS Oleh Bapak Dwi Sudiarto, SST., M.Kes dan Profil Prodi DIII Gizi yang Disamapaikan oleh Ka Prodi Ibu Arnisam, SKM, M.Kes,. Melalu Power Point dan penayangan Video. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan wawancara terpisah dengan penanggung jawab standar, dosen, stakeholder, tenaga pendidikan, alumni, penguna lulusan tempat praktek mahasiswa dan pimpinan prodi serta pimpinan poltekkes. Sesi ini bertujuan untuk melakukan konfirmasi harapan, kepuasan atau masukan dari stakeholder. Pada hari kedua proses ALD diisi dengan turing ke laboran sarana pendukung dan perpustakaan.

Dari proses ALD selama tiga hari itu asesor menyampaikan beberapa masukan perbaikan, meliputi peningkatan jabatan dan kepangkatan dosen,Update Data tenaga pengajar (STR), evaluasi beban mengajar dosen, peningkatan penyelenggaraan kuliah tamu dengan pemateri dari yang linear, penyediaan buku/resource text di ruang baca atau perpustakaan, peningkatan keterlibatan alumni dalam kegiatan kampus serta hal-hal terakit prasarana penunjang, jelas ibu Dr. Moesijanti.

Sementara itu pada penutupan dilakukan pengecekan dan penandatanganan berita acara ALD serta penyampaian kesimpulan dari proses ALD yang telah dilakukan asesor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *